Ingin Membuat Kemasan Produk?. Intip Beberapa Syaratnya Disini

Jenis Kertas untuk Kemasan
December 25, 2017
Kenali Jenis-jenis Kemasan Produk Elektronik Ini
April 16, 2018

PERCETAKAN KEMASAN – Sedang berencana membuka bisnis?. Selain bahan pembuatan, tentu kamu juga memikirkan soal kemasan produk nya. Kemasan produk menjadi poin yang cukup penting untuk dipikirkan, pertimbangannya adalah peran pentingnya untuk keamanan dan kenyamanan konsumen, serta sebagai media promosi. Pastinya kamu harus menyisihkan sebagian modalmu untuk menyediakan kemasan produk.

Dalam menyediakan kemasan produk, kamu nggak bisa sembarang memilih bahan dan menentukan bentuk/desainnya lho. Demi kelayakan suatu produk, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi. Yuk, simak syarat membuat kemasan produk dibawah ini!

1. Tidak ada toksin
Kalau kamu berniat membuka bisnis makanan, maka bahan kemasan produk makanan yang dipilih tidak mengandung toksin. Toksin merupakan zat berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan manusia.

2. Cocok dengan bahan yang dikemas
Kesalahan dalam memilih jenis kemasan dapat merugikan bisnismu. Terdapat berbagai jenis makanan yang dibuat dengan bahan berbeda-beda. Hal ini mempengaruhi jenis kemasan yang harus dipakai. Ambil contoh, kamu ingin membuka bisnis kue kering, maka bahan kemasan yang cocok adalah plastik atau kertas, jangan pilih bahan yang lain.

3. Kemudahan dalam membuang
Seringkali kemasan produk dibuang dan menjadi limbah yang mencemari lingkungan. Kamu perlu memikirkan penanganan terhadap kemasan bekas produkmu. Untuk itu pilih kemasan yang dibuat praktis dan mudah di daur ulang.

4. Menjamin sanitasi dan berbagai syarat kesehatan
Selain bebas dari toksin, kemasan juga harus menjamin sanitasi dan syarat kesehatan lainnya. Misalkan, bahan kemasan produk yang kamu pakai adalah plastik. Sebelum digunakan bahan plastik ini harus dicuci lebih dulu, atau yang penting sudah bersih dari kuman.

5. Kemudahan dan keamanan dalam mengeluarkan isi
Kemasan yang dipilih harus mampu melindungi produknya dengan baik. Namun, nggak hanya aman di dalam saja, kamu juga wajib mempertimbangkan soal kemudahan konsumen dalam membuka kemasan produk tersebut. Pilih bahan dan bentuk kemasan produk yang praktis, supaya konsumen mudah mengeluarkannya.

6. Ukuran, berat, dan bentuk harus sesuai
Ukuran kemasan produk perlu kamu pikirkan karena berkaitan dengan penanganan selanjutnya, terutama dalam penyimpanan, pengangkutan, maupun sebagai alat untuk menarik perhatian. Berat kemasan produk juga harus dipertimbangkan, usahakan dibuat seringan mungkin, supaya nggak mempersulit proses pengangkutan.

Rencanakan pembuatan kemasan produk mu sematang mungkin ya. Kemasan adalah kesan pertama pelanggan terhadap produkmu lho.

Comments are closed.