Kenali Kemasan dari jenis dan Macamnya yuk !

Kunjungan Dekranasda dan IKM Kota Solok ke Percetakan Kemasan
November 23, 2018
Tips Unggul Produk Makanan Hits di Dunia Kuliner
February 18, 2020

Kemasan merupakan kebutuhan primer bagi pelaku bisnis. Terutama bisnis kuliner, yang tidak bisa dipisahkan dengan kemasan. Kemasan digunakan untuk membungkus, melindungi, mengirim, mengeluarkan, menyimpan, mengidentifikasi dan membedakan sebuah produk di pasar. Kemasan yang dirancang dengan baik dapat membangun ekuitas merek dan mendorong penjualan. Jadi kemasan sekarang sebagai salah satu media pemasaran yang mampu menarik pembeli. memberikan kesan yang baik pada kemasan produknya dan menciptakan model kemasan baru yang berbeda dengan produsen lain yang memproduksi produk-produk sejenis dalam pasar yang sama.

Berikut jenis – jenis kemasan :

  • Berdasarkan struktur isi, kemasan dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:
  1. Kemasan Primer, yaitu bahan kemas langsung mewadahi bahan pangan (kaleng susu, botol minuman, dll).
  2. Kemasan Sekunder, yaitu kemasan yang fungsi utamanya melindungi kelompok kemasan lainnya, seperti misalnya dus ivory untuk wadah kosmetik , kotak kayu untuk wadah buah-buahan yang dibungkus dan sebagainya.
  3. Kemasan Tersier dan Kuarter, yaitu kemasan yang diperlukan untuk menyimpan, pengiriman atau identifikasi. Kemasan tersier umumnya digunakan sebagai pelindung selama pengangkutan.
  • Berdasarkan frekuensi pemakaiannya, dibagi menjadi tiga jenis , yaitu :
  1. Kemasan sekali pakai (Disposable), yaitu kemasan yang langsung dibuang setelah satu kali pakai. Contohnya bungkus plastik, bungkus permen, bungkus daun, dus takeaway.
  2. Kemasan yang dapat dipakai berulang kali (Multi Trip), kemasan jenis ini umumnya tidak dibuang oleh konsumen, akan tetapi dikembalikan lagi pada agen penjual untuk kemudian dimanfaatkan ulang oleh pabrik. Contohnya botol minuman dan botol kecap.
  3. Kemasan yang tidak dibuang (Semi Disposable). Kemasan ini biasanya digunakan untuk kepentingan lain di rumah konsumen setelah dipakai. Contohnya kaleng biskuit, kaleng susu dan berbagai jenis botol.

Macam – Macam Kemasan :

  1. Kemasan Kayu

Kayu merupakan bahan pengemas tertua yang diketahui oleh manusia dan secara tradisional digunakan untuk mengemas berbagai macam produk padat dengan komposisi berat seperti barang antik dan emas, keramik, dan kain.

(+) Kelebihan :
– Memberikan perlindungan mekanis yang baik terhadap bahan yang dikemas
– Karakteristik tumpukan yang baik dan mempunyai rasio kompresi daya tarik terhadap berat yang tinggi.
– Lebih aman dan kuat dalam proses pengirimannya

(-) Kelemahan :
Sebagai kemasan adalah ketidakcukupan pengetahuan akan teknik dasar seperti struktur kayu, metode perakitan dan sebagainya. Hingga saat ini perakitan kemasan kayu masih dilakukan dengan cara yang sederhana, dan jarang sekali dilakukan pengamatan terhadap kandungan air kayu, rancang bangun/Desain yang efisien, pengikatan/pelekatan tidak dengan jenis pengikat dan ukuran yang benar, sehingga dihasilkan kemasan kayu dengan kekuatan yang rendah. Akibatnya nilai ekonomis kemasan kayu menjadi rendah.

  1. Kemasan Plastik

Kemasan plastik adalah kemasan yang paling mudah kita jumpai saat ini dan paling banyak digunakan hingga saat ini.

(+)Kelebihan
– kemasan plastik bisa bertahan lama karna kemasan plastik
– tidak mudah terurai dan rusak

(-)Kekurangan:
kemasan plastik tidak bisa hancur sehingga dapat menyebabkan pencemaran , seperti pencemaran air , jika kita membuang kemasan plastik ke sungai maka sungai akan tertimbun dengan banyaknya plastik dan dapat menyebabkan banjir / tidak ramah lingkungan

  1. Kemasan Kertas

Kemasan kertas adalah kemasan yang fleksibel pertama kali sebelum ditemukannya plastic dan aluminium foil.

(+) Kelebihan

  • Lebih ramah lingkungan, sehingga dapat didaur ulang secara mudah dan juga cepat terurai bila sudah menjadi limbah
  • Lebih mudah dibentuk dengan variasi atau desain yang lebih menarik
  • Mudah diperoleh dan penggunaannya yang luas

(-) Kekurangan :

  • Bahan kertas mudah sobek.
  • Mudah Menyerap Air dan Udara (Tidak hampa udara)

Dari ketiga macam kemasan, kemasan yang lebih menarik yaitu kemasan kertas. Dari Kemasan kertas kalian bisa membantu bumi kita atau negara kita Indonesia dengan mengurangi penggunaan plastik dengan kemasan yang ramah lingkungan dan mudah terurai. Kemasan Kertas bisa kalian dapatkan hanya di Percetakan Kemasan. Ke Spesialisnya kemasan dengan proses made by order, jadi lebih hangat dan lebih maksimal.

 

Percetakan Kemasan
Percetakan Kemasan
PercetakanKemasan.com adalah percetakan yang fokus memproduksi Kemasan dengan bahan Kertas, Banyak jenis kemasan yang sudah kami produksi secara custom, saatnya sekarang anda membuat kemasan custom di PercetakanKemasan.com. Dan Follow kami di Instagram: @percetakankemasan

Comments are closed.